Perjuangkan Digitalisasi Kabupaten Bener Meriah, Pj Bupati Haili Yoga Temui Wamen Kominfo RI

Rabu, 18 Oktober 2023

  


Bener Meriah | | Bandar Meriah News - Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si, menemui Wakil Menteri (Wamen) Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo-RI), Nezar Patria, Rabu (18/10/2023). Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Wamen Kominfo, Jakarta, membahas tentang digitalisasi Kabupaten Bner Meriah. 

Pasalnya, kemajuan teknologi digital merupakan salah satu peluang baru bagi daerah terpencil untuk meningkatkan aksebilitas. Sedangkan untuk Kabupaten Bener Meriah, masih ada beberapa daerah yang masih belum tersentuh jaringan teknologi digital atau blank spot. 

Untuk membuka akses teknologi digital tersebut, sehingga Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga terus berupaya  mencari cara agar beberapa daerah yang masih terisolir secara teknologi digital bisa segera menikmati kemajuan teknologi informasi. 

Menurut Haili Yoga, dalam era digital seperti sekarang ini, teknologi menjadi pendorong utama bagi kemajuan suatu daerah. “Contoh, dengan adanya internet, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tentang pasar, serta memudahkan dalam mengakses layanan kesehatan, pendidikan serta layanan publik lainnya,” kata Haili Yoga. 

Atas dasar itu, sebut Haili Yoga, pihaknya berjanji akan terus mengawal kemajuan digitalisasi pemerintahan  di Kabupaten Bener Meriah untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat. “Teknologi digital, juga memungkinkan daerah untuk meningkatkan efesiensi dalam berbagai sektor,” ungkap Pj Bupati Bener Meriah ini, usai bertemu dengan Wamen Kominfo RI. 

Pertemuan dengan Wamen Kominfo RI, Nezar Patria, Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga didampingi oleh Kadis Kominfo, Ilham Abdi, S.STP, MAP dan Kadis Pertanian, Ir. Abadi. Kunjungan itu, disambut hangat oleh Wamen Kominfo dan sempat berdiskusi banyak tentang kemajuan digitalisasi di Bener Meriah. 

Pada pertemuan itu, Pj Bupati Haili Yoga menyampaikan situasi terkini Kabupaten Bener Meriah yang sudah mengalami banyak perubahan. Untuk mendukung kemajuan tersebut, Pj Bupati menyampaikan beberapa permohonan kepada Wamen Kominfo RI terkait dengan dukungan pengembangan teknologi digital di Kabupaten Bener Meriah. 

Beberapa permohonan itu, diantaranya  pembangunan BTS di dua titik yaitu di Kecamatan Pintu Rime Gayo dan Kecamatan Gajah Putih yang masih mengalami blank spot. Selanjutnya, kuota pelatihan pemasaran digital DEA yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo bagi UMKM Bener Meriah untuk tahun 2024.

Berikutnya, terkait dengan dukungan promosi potensi yang ada di Kabupaten Bener Meriah agar lebih dikenal secara luar baik  dari sektor hasil perkebunan kopi arabika Gayo, agrowisata, agroindustri serta sektor pariwisata yang juga sedang dikembangkan di Kabupaten Bener Meriah. 

Dalam pertemuan itu, Wamen Kominfo RI, Nezar Patria menegaskan pentingnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat serta peran digitalisasi bagi daerah. “Investasi SDM menjadi satu hal yang penting seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, dan kita harus mampu mengimbanginya,” kata Nezar Patria.  

Usai berdiskusi menyampaikan beragam potensi serta kemajuan di Kabupaten Bener Meriah, pertemuan antara Pj Bupati Haili Yoga dengan Wamen Kominfo RI, Nezar Patria, dilanjutkan dengan makan siang bersama. (Diskominfo/Hamdani/ken)