Hadiri Kick Off Intervensi Pencegahan Stunting, Pj. Bupati Haili Yoga Ajak Masyarakat Aktif Ikuti Posyandu

Kamis, 13 Juni 2024


Redelong | Bandar Meriah News -
Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M. Si hadiri Kick Off Intervensi serentak pencegahan stunting Kabupaten Bener Meriah di Aula Kantor Reje Kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kamis (13/06/2024).


"Pada Juni Tahun 2024 ini, Posyandu menjadi sarana utama dalam upaya pencegahan stunting, karna posyandu langsung bersentuhan dengan masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah yang tepat dalam mendeteksi risiko stunting serta memberikan penanganan dini bagi masyarakat," kata Pj. Bupati Bener Meriah.


Haili Yoga juga mengungkapkan, bahwa perlu dilakukan berbagai macam intervensi masalah pundamental berkaitan dengan penanganan Stunting sejak dini mencangkup kesadaran masyarakat terkait dengan antisipasi Stunting. Melihat kondisi prevalensi stunting, dirinya akan terus berupaya melakukan intervensi sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan harus senantiasa mengantisipasi secara mendasar.


Lebih jauh di sampaikanya, Kick Off Intervensi serentak bulan Juni ini dilaksanakan secara terkoordinir oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah melalui Puskesmas dan Posyandu yang ada di desa desa. Jadwal kegiatan Posyandu akan ditentukan bersama dan diinformasikan kepada masyarakat oleh para kader yang berada desa. Dalam pelaksanaanya dilakukan pengukuran serentak di Posyandu meliputi penimbangan dan pengukuran panjang badan bagi balita serta pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) bagi calon pengantin dan ibu hamil. memastikan penimbangan dan pengukuran menggunakan alat antropometri berstandar dengan cara yang benar dan Pemberian asupan makanan bagi ibu hamil, serta pemberian ASI Eksklusif bagi bayi dan balita. Memastikan seluruh calon pengantin, ibu hamil dan balita diberikan edukasi disetiap posyandu yang berada di desa, memastikan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran serta intervensi ke dalam sistem informasi di hari yang sama.


Orang nomor satu di Kabupaten Bener Meriah itu berharap kepada semua kader terutama Kader Posyandu, Kader BKR dan kader RGG lainnya, masalah ini bisa diatasi bersama. Dirinya pun memohon kerjasama dan kolaborasinya dari setiap elemen untuk ikut berupaya menurunkan angka Stunting di Kabupaten Bener Meriah. "Kami mengajak seluruh masyarakat Desa Karang Rejo agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan Posyandu guna mendukung upaya pencegahan stunting di Kabupaten Bener Meriah. Semoga di tahun 2024 ini kita dapat melanjutkan semangat untuk terus bergerak bersama dalam menurunkan angka stunting di seluruh Kabupaten Bener Meriah, khususnya Kampung Karang Rejo ini. Dengan komitmen yang telah disepakati, kita bisa mencegah stunting dan memberikan perlindungan terbaik bagi generasi generasi yang akan datang," demikian Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si.


Turut hadir Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M. Si didampingi Kepala dinas Kesehatan Bener Meriah Hasyimi, IB, SKM, M. Kes., Kepala Dinas DP3AKB Kabupaten Bener Meriah Edi Jaswin, SKM, M. Si., Kepala Dinas Pemberdayaan !'Masyarakat Kampung Ismail, SH., Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S. STP, M. Ap., Pj. Ketua TP - PKK Kabupaten Bener Meriah Risnawati, S. SiT.(Tim Prokopim BM/Hamdani/Ken)