Kakanwil Kemenag Sumut: Emis 4.0 Siap Jadi Sistem Pendataan Pendidikan Yang Handal

Rabu, 12 Juni 2024

 


Medan | Bandar Meriah News - 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, mengatakan Emis 4.0 merupakan sebuah platform sistem pengelolaan data pokok pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama, siap menjadi sistem pendataan pendidikan yang handal.


“Pentingnya penyelesaian BAP Emis 4.0 sebagai salah satu tahapan penting untuk memvalidasikan data Emis pada setiap semester,” ucap Qosbi, dalam sambutannya dan sekaligus membuka Kegiatan Rapat Koordinasi User Champion Emis 4.0 Tingkat Kabupaten/Kota, MIN, MTs dan MA Jelang Cut Off BAP, di Medan, Rabu (12/06/2024).


Qosbi menyebutkan rakor ini bertujuan untuk menjalin silaturahim, tetapi juga yang paling penting adalah untuk menyatukan komitmen bersama untuk segera menyelesaikan pemutakhiran data Emis 4.0 semester genap tahun 2023-2024 dalam bentuk konkret yaitu penyelesaian Berita Acara Pendataan (BAP) Emis 4.0 yang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat penting di akhir semester pendataan Emis 4.0.


Ia juga menekankan pentingnya penyelesaian BAP Emis 4.0 sebagai salah satu tahapan penting untuk memvalidasikan data EMIS pada setiap semester.


Qosbi juga mengingatkan himbauan Direktur Jenderal Pendidikan Islam bahwa bagi RA dan Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data Emis sampai tahap pencetakan BAP EMIS tidak akan mendapatkan pelayanan maksimal dari Dirjen Pendis seperti BOS, Bantuan Sarpas, dll.


“Saya berharappara operator secepatnya menyelesaikan BAP Emis 4.0 sebelum batas akhir penyelesaian yang telah ditentukan, yaitu 31 Juni 2024. Operator yang cepat menyelesaikan BAP Emis 4.0 akan diberikan penghargaan. Kemenag Kabupaten/Kota juga diminta untuk mengontrol pemutakhiran data ini pada satuan pendidikan di daerah masing-masing,” ucapnya.


Dalam kesempatan ini Ahmad Qosbi menyampaikan arti pentingnya keberadaan operator di Kementerian Agama. Kakanwil Kemenag mengingatkan kepada para Kepala Madrasah dan para Kakan Kemenag Kabupaten/Kota untuk memperhatikan operatornya untuk diberikan nilai lebih, diberikan penghargaan, dan diberikan support.


Dalam pendataan Emis 4.0, selama 3 tahun terakhir Provinsi Sumut selalu meraih prestasi, antara lain Peringkat I Tingkat Nasional capaian pemutakhiran data Emis semester ganjil Tahun 2021-2022 dengan presentase BAP sebanyak 93,65 persen.


“Penyelesaian BAP Emis semester ganjil tahun 2022, 2023 dengan presentase 100 persen, Runner Up I User Champion Emis Provinsi Teladan Tingkat Nasional Tahun 2023, Runner Up I User Champion Emis Provinsi Teladan Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2023, dan Runner Up I User Champion Emis Madrasah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2023,” jelas Qosbi.


Dalam acara tersebut hadir Kabid Penmad H. Erwin Pinayungan Dasopang, Katim Kelembagaan dan SIM Makmur Nasution, Katim Kesiswaan Nursyamsiah, Katim Sarana Prasarana Muhammad Hanbali Bakti.(humas/fit)