Pj. Bupati Aceh Tengah Hadiri Rakor Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh

Jumat, 05 Juli 2024


Banda Aceh | Bandar Meriah News
- Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, didampingi oleh Asisten 1 Setdakab dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Aceh Tengah, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Seluruh Aceh yang diadakan di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (05/07/2024).


Rakor tersebut dibuka oleh Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, SE, M.Si, dan turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri, Dr. La Ode Ahmad P. Bolombo, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, serta para kepala SKPA terkait. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah Bupati/Walikota dari seluruh wilayah Aceh dan peserta rakor dari berbagai kabupaten/kota.


Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Aceh Bustami menyampaikan rasa syukurnya atas alokasi Dana Desa yang diterima Aceh, yang merupakan yang terbesar keempat di Indonesia setelah Jawa Tengah. Jumlah gampong di Aceh mencapai 6.500, dan sejak 2015 hingga 2024, sebanyak 6.497 pemerintahan gampong di Aceh telah menerima total Rp44,2 triliun Dana Desa.


"Dana Desa menjadi anugerah yang sangat disyukuri dan harus dikelola serta didayagunakan dengan sebaik-baiknya, terutama di tengah kemampuan fiskal Aceh yang cenderung menurun akibat berkurangnya Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA)," kata Bustami.


Pj. Gubernur juga menekankan pentingnya peran para aparatur gampong, khususnya keuchik atau kepala desa, dalam merencanakan, mendayagunakan, dan mempertanggungjawabkan penggunaan Dana Desa untuk mencapai berbagai capaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Oleh karena itu, sudah sepantasnya mereka mendapat perhatian khusus berupa penguatan dan pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong oleh pembina gampong di kecamatan, bupati/walikota, gubernur, dan Kemendagri," lanjutnya.


Pada kesempatan ini, salah satu kampung di Aceh Tengah, yaitu Kuteni Reje, Kecamatan Lut Tawar, menerima penghargaan sebagai Gampong Terbaik Harapan 2 se-Aceh. Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, mengapresiasi penghargaan ini dan menyatakan dukungannya terhadap upaya pendayagunaan Dana Desa.


"Kami terus mendukung upaya-upaya pendayagunaan Dana Desa bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Mirzuan. Beliau juga mengucapkan selamat kepada Kampung Kuteni Reje atas pencapaiannya. "Selamat kepada Kampung Kuteni Reje atas pencapaiannya ini. Semoga ini bisa memotivasi kampung-kampung lain di Aceh Tengah untuk lebih baik lagi ke depannya dalam membangun kampung," pungkasnya.(Diskominfo/Hamdani)